Rekomendasi susu Ibu Hamil Trimester Awal



Penting atau enggak sih sebenarnya mengonsumsi susu ibu hamil? 

Nah, dari yang pernah Mama baca di FirstCry Parenting, memenuhi asupan nutrisi dengan sebaik-baiknya selama kehamilan itu penting banget. 

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, ibu hamil juga disarankan untuk melengkapi nutrisi bagi tubuh dan janin dengan mengonsumsi susu.

Manfaat Mengonsumsi Susu saat Hamil

Masih dari FirstCry Parenting, berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi susu selama kehamilan.
Susu memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat menurunkan risiko bayi terkena alergi di masa depan. 

Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan antara 1000 dan 1300 mg kalsium setiap hari untuk menyehatkan tubuh mereka dan tubuh bayi yang sedang berkembang.

Susu dapat memiliki efek meningkatkan pertumbuhan pada janin dan dapat membantu bayi tumbuh tinggi. 

Bayi mungkin juga memiliki kadar insulin yang lebih tinggi dalam darahnya sehingga konsumsi susu dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Susu kaya akan protein, asam amino, dan asam lemak. Ketiganya penting untuk perkembangan sistem saraf bayi.

Susu yang kaya kalsium dan zat besi membantu dalam pembentukan dan perkembangan tulang bayi dan untuk mengangkut oksigen ke bayi.

Susu juga memiliki semua vitamin A, B dan D yang diperlukan untuk perkembangan janin.

Susu bertindak sebagai antasid atau penetral asam lambung yang efektif yang meredakan mulas dan penyakit lambung yang umum terjadi selama kehamilan.

Kandungan yodium dalam susu terbukti dapat meningkatkan perkembangan otak janin dan meningkatkan IQ anak.

Konsumsi susu selama kehamilan menurunkan risiko penyakit seperti multiple sclerosis, rakhitis neonatal, dan osteoporosis.

Dari semua manfaat konsumsi susu itu, susu hamil menjadi jenis susu yang menawarkan kandungan lengkap, mulai dari kalsium, vitamin B6, vitamin D, asam amino, hingga lemak yang dapat memaksimalkan tumbuh kembang janin dan kesehatan tubuh ibu hamil.

Terlebih saat berada di trimester pertama, perkembangan janin membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk menunjang berbagai pembentukan saraf dan kecerdasan otak bayi.


Perlu diketahui juga nih bumil, beda usia kehamilan akan menyebabkan beda pula kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. 

Seperti yang Mama pernah baca di laman Mom Junction, di usia awal kehamilan trimester 1, susu dengan kandungan B6 penting untuk dipilih dalam membantu mengatasi rasa mual. 

Selain itu, kandungan asam folat dan DHA juga bermanfaat dalam menunjang pembentukan saraf serta memaksimalkan kecerdasan otak anak kita.

Ragam Susu Hamil untuk Trimester 1

Kalau sudah tahu kandungan terbaik dalam susu ibu hamil untuk trimester 1, berikut beberapa produk yang mungkin bisa jadi pilihan, ya.

1. Prenagen Emesis

Produk satu ini pastinya enggak asing lagi buat kamu para bumil. Prenagen Emesis menjadi salah satu susu ibu hamil yang bisa kamu konsumsi di trimester 1 karena kandungannya yang kaya akan vitamin B6. 

Dari uji klinis yang dilakukan, susu satu ini berhasil mengurangi mual selama masa awal kehamilan. Ia juga tinggi asam folat sehingga dapat menghindari risiko cacat tabung saraf pada janin. 

Tersedia dalam varian rasa vanilla dan cokelat, kamu bisa menyiapkan budget sekitar 70 ribuan untuk 400 gram Prenagen Emesis, ya.

2. Lactamil Inisis


Di urutan kedua ini, ada produk yang memang disarankan untuk dikonsumsi, bahkan sejak merencanakan kehamilan. Untuk ibu hamil trimester 1, Lactamil Inisis juga mengandung vitamin B6 yang tinggi sehingga dapat meredakan masalah mual. 

Selain itu, ada pula asam folat yang dapat memelihara pertumbuhan dan perkembangan bayi sekaligus membantu pembentukan sel darah merah. Untuk 200 gram Lactamil Inisis, kamu bisa menyiapkan budget sekitar 30 ribuan.

3. Anmum Materna

Selanjutnya, ada Anmum Materna yang diperkaya pula dengan kandungan asam folat beserta DHA yang cocok untuk ibu hamil di trimester 1. Kandungan asam folat akan membantu pembentukan tabung saraf, pertumbuhan otak dan saraf tulang belakang, hingga menghindari risiko bayi terlahir cacat.

Sementara itu, kandungan DHA akan berperan memaksimalkan perkembangan sel otak bayi. 

Nah untuk satu Anmum Materna berukuran 200 gram, kamu bisa mempersiapkan budget sekitar 35 ribuan.

Sekian dulu yah informasi yang bisa Mama bagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menghilangkan kebingungan kamu. Sehat-sehat selalu bumil dan janin!

Post a Comment

Previous Post Next Post